BEBERAPA JENIS BURUNG MURAI BATU (MURAI BATU MEDAN, MURAI BATU ACEH, MURAI BATU LAMPUNG DAN MURAI BATU KALIMANTAN (BORNEO)

JAKARTA SELATAN - Di kalangan penggemar burung atau Kicau Mania, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan nama burung yang satu ini yaitu Murai Batu. Dan ternyata menurut informasi dan pendapat para ahli mengenai jenis burung yang satu ini ada 4 jenis murai batu, yaitu; Murai Batu Medan (yang paling dikenal dan paling digandrungi para penggemar burung kicauan dan yang memeiliki tarif paling tinggi pula), Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh dan Murai Batu Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan Murai Batu Borneo 

Sebelum dibahas perbedaan masing-masing, ada beberapa jenis Murai Batu dengan urutan rangking di kalangan penghobi burung diantaranya adalah:


1. Murai Batu Medan

Murai Batu Medan
Gambar ini menurut beberapa penggemar yang mengerti dan faham tentang burung terutama murai batu, adalah contoh murai batu medan dengan ekor yang sangat panjang dengan ukuran panjang bisa mencapai 30 cm.

Di kalangan penghobi burung (kicau mania) burung ini adalah merupakan kebanggan bagi yang bisa meilikinya, karena selain dari warna dan suara kicauannya yang sangat indah dan unik namun bisa dinikmati pula dari segi gerakannya yang sangat lincah dan indah untuk dinikmati.



  
2. Murai Batu Aceh

Murai Batu Aceh
Begitu pula dengan murai batu yang satu ini, yang hampir sangat susah untuk membedakannya karena dengan kualitas yang hampir sama pula baik dari segi suara ataupun bentuk postur tubuhnya, bahwa ini adalah merupakan murai batu Aceh.

Namum hampir tidak ada bedanya ketika perawatannya sama antara medan dengan aceh maka akan menhasilkan kualitas murai batu yang hampir serupa, namun menurut sebagian pendapat dari kicau mania, murai batu medan tetap lebih indah dan sangat bervariasi suara kicauannya.




 
3. Murai Batu Kalimantan  

Berbeda dengan murai batu medan dan murai batu Aceh, untuk murai batu Kalimantan panjang ekor tidak terlalu panjang, meskipun terkadang ada pula yang hampir sama dengan panjang murai batu medan dan murai batu aceh, namun biasanya ekor lebih pendek, dan ciri yang lain untuk murai batu ini terdapat warna putih pada bagian atas kepalanya. 









4. Murai Batu Lampung

Dan yang terakhir ini adalah menurut sebagian pendapat para kicvau mania adalh Murai Batu Lampung.

Dan hampir sama ciri-cirinya dengan Murai Batu Kalimantan, namun secara fisik bentuk tubuh Murai Lampung ini lebih besar sekalipun ekornya pendek.

*********

Diantara Murai Batu Kalimantan dan Murai Batu Lampung terkadang tidak terlalu dapat perbedaan mencolok mengenai kualitasnya.  

Namun perlu extra hati-hati dalam memilih Murai Batu ini karena ternyata ada beberapa jenis murai batu dengan fisik (bentuk dan ukuran postur tubuh burung) yang berbeda di antara masing-masing jenis murai batu.

Demikian yang dapat di-share dan itupun tidak mutlak dan hanya sebagai sedikit rujukan saja barangkali bisa untuk bahan pertimbangan ketika kita akan membeli Murai Batu agar tidak tertipu.

ARTIKEL LAIN TENTANG MURAI BATU:
Salam Kicau Mania