TIPS CARA MERAWAT MURAI BATU AGAR RAJIN BERKICAU DAN GACOR SIAP JADI JAWARA

Murai Batu Medan
JAKARTA SELATAN - Seperti pada artikel yang sebelum-sebelumnya dan juga tidak berbeda jauh dengan artikel yang disampaikan oleh para penggemar burung kicauan yang ikut menyampaikan tips yang asyik dan unik mengenai tata cara bagaimana agar burung kesayangan "Murai Batu" dapat rajin berkicau dan gacor.

Di sini saya akan mencoba menulis sedikit tentang bagaimana tips dan caranya merawat Murai Batu agar rajin berkicau (gacor).

Pada dasarnya apa yang akan saya sampaikan ini tidak beda jauh dengan penulis-penulis lainnya mengenai tata cara bagaimana merawat dan memproes Murai Batu agar cepat bunyi dan rajin bericau. Namun sebelumnya apabila burung masih giras terlebih dulu burung harus jinak dan bagaimana caranya agar burung murai batu cepat jinak silahkan bisa dilihat disini.

Berikut adalah tips dan cara simple dalam merawat Murai Batu agar cepet bunyi dan rajin (gacor):

  1. Pertama diawalai dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan, dan kebanyam para penghobi burung sudah tahu ciri-ciri bedanya antara Burung Jantan dan Betina
  2. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai spray atau bisa juga dengan menggunakan keramba mandi agar lebih bebas sekalian kita bisa membersihkan kandangnya.
  3. Bersihkan kandang setiap hari termasuk buang kotoran burung, ganti atau tambahkan makanan, ganti air minum dan usahakan berilah air minum burung dengan air yang sudah dimasak atau bisa juga dengan air kemasan atau air mineral.
  4. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam atau lebih jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah.
  5. Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas, karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh burung.
  6. Berilah makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik setiap pagi 3 - 4 ekor dan sore demikian juga 2-3 ekor, bisa juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari dan juga berikan kroto sebagai variasi jenis EF lainnya yang juga sangat digemari oleh Murai Batu dan sangant bermanfaat.
  7. Lakukan pemasteran suara, baik melalui suara burung secara langsung dengan menggunakan burung yang memang spesial untuk master, atau bisa juga dengan suara burung dalam bentuk MP3 yang bisa di-download di internet dengan settingan suara yang bisa membuat Murai Batu kita bisa berlatih dan terbiasa dengan suara tersebut untuk dijadikan sebagai isian. 
  8. Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya hewan penggangu, seperti: kucing, anjing, tikus, dll., maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si burung.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat, pada dasarnya tips dan cara seperti itu tidak multak harus dilakukan sama percis seperti yang saya sampaikan karena tergantung kondisi, situasi dan kesabaran serta keuletan dalam kita memberikan perhatian terhadap hewan kesayangan kita.

ARTIKEL LAIN TENTANG MURAI BATU:

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Share dari Blog Sendiri: http://newsesi9.blogspot.com/2013/01/tips-cara-memelihara-murai-batu-agar.html 

4 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...