CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PENTET/PLENTET.CENDET JANTAN DAN BETINA

JAKARTA SELATAN – Bagi penggemar kicau mania terutama yang menginginkan memelihara untuk dijadikan burung ocehan, baik yang sekedar dijadikan untuk hiburan di rumah ataupun yang memang di setting untuk dijadikan sebagai peliharaan untuk perlombaan di berbagai tempat, baik sekedar test suara, latber, contest, dan berbagai jenis perlombaan lainnya.

Seberapa pentingkah kita mengetahui jenis kelamin burung Pentet/Plentet/Cendet jantan atau betina ? Jawabannya adalah sangat penting sekali, karena bagi yang menginginkan burung untuk kita pelihara sebagai perlombaan ataupun untuk kita nikmati keindahan suara ocehannya maka sudah tentu kita lebih disarankan untuk membeli atau memiliki burung Pentet/Plentet/Cendet dengan jenis kelamin jantan sekalipun ada beberapa burung Pentet/Plentet/Cendet dengan jenis kelamin betina yang terkadang lumayan rajin berkicau. 

Menurut pendapat para kicau mania sebagian besar burung yang memiliki suara yang lebih keras, variatif dan lebih indah suara ocehannya adalah burung Pentet / Plentet / Cendet dengan jenis kelamin jantan. 

Berikut adalah perbedaan antara Pentet / Plentet / Cendet jantan dan betina:

  1. Pada bagian samping kiri dan kanan burung, apabila di bagian pipinya terdapat warna hitam yang sangat kontras, maka hampir bisa dipastikan adalah Pentet/Plentet/Cendet yang berkelamin jantan. Sedangkan betina warna hitam pada bagian pipinya tidak kontras dan buram.
  2. Bentuk kepala jantan lebih ramping dan ceper dibandingkan dengan yang betina dengan bentuk kepala lebih membulat.
  3. Sebagian besar warna bulu pada jantan terlihat lebih tajam dan jelas dan kontras dibandingkan dengan betina yang sebagian besar warna bulunya terlihat lebih suram..
  4. Pada bagian supit, burung jantan berukuran lebih kecil dan panjang serta bulu pada supitnya seperti berbentuk garis yang tak beraturan, sedangkan betina bentuk supitnya lebih besar dengan susunan bulu-bulu yang teratur.
Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.
sumber sebagian diambil dari beberapa artikel di internet termasuk dari www.omkicau.com

Salam Kicau !

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...