CARA MERAWAT LOVEBIRD/LABET/BURUNG CINTA AGAR CEPAT BUNYI GACOR DAN BISA NGEKEK PANJANG

damaiTidak berbeda jauh dengan artikel yang membahas tentang bagaimana tips-tips cara merawat burung kesayangan kita.

Dan kali ini yang akan kita share agak sedikit berbeda dengan artikel sebelumnya, namun masih sama-sama dalam tips pemeliharaan burung kicauan, hanya untuk kali ini yang saya share yaitu Tips bagaimana cara memelihara love bird/labet/burung cinta agar cepat bunyi, ngekek panjang dan gacor.

Di sini saya akan mencoba menulis sedikit tentang bagaimana tips dan cara perawatannya.

Pada dasarnaya apa yang akan saya sampaikan ini tidak beda jauh dengan penulis-penulis lainnya mengenai tata cara bagaimana merawat dan memproes Love Bird agar cepat bunyi dan rajin bericau (ngekek panjang) dan gacor.

 Ada 2 faktor yang bisa dijadikan dasar mengapa love bird bisa ngekek panjang?

1. Faktor Keturunan
Untuk sesi ini, menurut para peneliti faktor keturunan tridaklah terlalu berperan banyak, sekitar 30 - 35% kualitas indukan bisa menjadikan kualitas yang sama pada keturunannya.

2. Faktor Lingkungan
Yang termasuk dalam Lingkungan ini adalah termasuk diantaranya adalah:

Kandang, Mulai dari bentuk kandang, posisi kandang, kebersihan kandang dan juga bahan kandang, akan memebrikan efek kualitas Love Bird yang kita pelihara.

Makanan, Makanan adalah faktor utama yang harus menjadi patokan kita dalam perawatan lovebird kita, tentunya harus sesuai dengan beberapa artikel yang sudah banyak dishare oleh para kicau mania di media internet mengenai makanan love bird (makan dalam bentuk paket yang sudah jadi, sayuran, buah buahan, dll) karena asupan gizi yang baik maka akan membuat Love Bird semakin merasa tercukupi supan makanannya.

Lokasi, Masalah lokasi yang terkadang sulit kita hindari, ada kalanya rumah kita menghadap ke barat padahal bagusnya kandang Love Bird yang sehat adalah yang bisa mendapatkan sinar matahari ketika di pagi hari.

Cuaca, Hati-hati dengan cuaca ini, karena terkadang dengan perbedaan cuaca yang tidak menentu dan pola perawatan kita yang tidak terlalu faham dapat mengakibatkan Love Bird akan mudah sakit, maka seringlah bertanya kepada ahlinya mengenai cara menangani love bird.

Permasteran, Dalam hal pemasteran, kita dapat melakukan pemasteran terhadap lovebird muda, dengan menempelkan sangkar di dekat burung masteran. Bisa juga menggunakan CD masteran, atau mp3 player berisi rekaman suara burung-burung masteran. Lakukan secara rutin, setiap hari. Pemesteran Love Bird sejak kecil sangat berpengaruh pada besutan yang akan di ikutkan kontes.

Perawatan,  Pada bagian perawatan ini banyak hal yang perlu dipelajari:

a) Memandikan Love Bird setiap pagi dengan cara semprot pakai spray pada sekitar jam 7an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi hujan (karena kebetulan lagi musim hujan).
b) Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam jika matahari benar-benar cerah dan oleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah.
c) Dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap Love Bird, artinya jangan sampai Love Bird  merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan Love Bird, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si Love Bird itu sendiri dan secara tidak langsung akan mempengaruhi seni dan kualitas suara dan ocehan si Love Bird.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat, pada dasarnya tips dan cara seperti itu tidak multak harus dilakukan sama percis seperti yang saya sampaikan karena tergantung kondisi, situasi dan kesabaran serta keuletan dalam kita memberikan perhatian terhadap hewan kesayangan kita.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Salam damai9  

ARTIKEL LAINNYA:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...